Vaksinasi

dog_being_vaccinatedPencegahan dengan vaksinasi adalah terapi yang paling efektif untuk penyakit virus. Berikan perlindungan terbaik untuk hewan peliharaan kesayangan anda dengan mengikuti jadwal vaksinasi yang tepat. Kami melayani program vaksinasi untuk anjing dan kucing.

Paket Puppy dan Kitten Vaksinasi

• Untuk anak anjing atau kucing
  • Pemeriksaan fisik lengkap
  • Seri awal imunisasi

Paket Vaksinasi Dewasa

• Untuk anjing dewasa atau kucing
  • Pemeriksaan fisik lengkap

Vaksinasi pada hewan kesayangan juga sangat diperlukan tidak bedanya dengan pada manusia. Sebagai pemilik hewan tentu anda ingin mengetahui seberapa penting vaksinasi untuk anjing maupun kucing anda dan apa pengaruhnya bila anda memutuskan vaksinasi atau tidak.

Dalam hal ini yang harus anda ketahui dengan jelas adalah prinsip dasar vaksinasi yaitu untuk menginduksi respon imun spesifik hewan terhadap patogen tertentu bukan terhadap penyakit. Saat hewan terpapar agen penyakit, tubuh akan berespon melalui sel – sel imun untuk menolak dan menghancurkan agen penyakit tersebut. Bila kemampuan sel – sel imun tidak sebanding dengan agen penyakit yang menyerang, maka hewan akan terjangkit penyakit dan ditandai dengan munculnya gejala klinis. Pada kondisi ini, vaksinasi justru tidak dapat dilakukan karena dapat menambah beban kerja sel – sel imun untuk menangkis agen penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Hewan yang baru lahir akan memperoleh kekebalan pasif dari susu induk dimana antibodi yang didapat dari induk ini memberikan imunitas secara lokal. Vaksinasi sebaiknya dilakukan mulai umur 6-8 minggu, karena pada umur ini antibodi yang diterima dari induk mulai berkurang. Mulai umur 4 minggu sistem imun anak anjing maupun kucing mulai berkembang dan menghasilkan antibodi yang beredar dalam darah. Imunitas pasif yang bersifat sistemik ini melindungi hewan dari agen penyakit yang memasuki pembuluh darah melalui infeksi lokal baik pada kulit maupun mukosa membran saluran respirasi, gastrointestinal maupun urogenital. Namun karena fungsi imunitasnya yang baru berjalan di usia 4 minggu, sedangkan di usia 6-8 minggu imunitas dari induk mulai berkurang, maka besar kemungkinan anak anjing dan kucing sangat rentan terserang penyakit di usia ini.

Untuk pencegahan terhadap penyakit menular tertentu, sel-sel imun anak anjing maupun kucing harus siap baik dalam hal kapasitas maupun kuantitas untuk melindungi tubuh dari agen penyakit yang masuk. Itulah sebabnya mengapa vaksinasi penting diberikan, karena dengan vaksinasi inilah sistem imun anak anjing maupun kucing diinduksi untuk menghasilkan kekebalan yang cukup terhadap agen penyakit dan mengurangi resiko fatal saat terserang agen penyakit terutama penyakit menular yang contagious.

Program vaksinasi pada anak anjing diberikan secara bertahap untuk menghasilkan kekebalan yang optimal. Umumnya diulang sebanyak 3 kali sebagai berikut :

• Usia 6-8 minggu: parvovirus
  • Usia 8-12 minggu: parvovirus, distemper, adenovirus, parainfluenza, coronavirus, dan leptospirosis
  • Usia 12-16 minggu: parvovirus, distemper, adenovirus, parainfluenza, coronavirus, leptospirosis, dan rabies

Sedangkan pada kucing sebagai berikut:

• Usia 6-8 minggu: rhinotracheitis, calicivirus dan panleukopenia
  • Usia 8-12 minggu: rhinotracheitis, calicivirus dan panleukopenia
  • Usia 12-16 minggu: rhinotracheitis, calicivirus, panleukopenia dan rabies

Setelah itu diberikan vaksin booster diberikan setahun kemudian. Vaksin tahun-tahun berikutnya dapat anda konsultasi kan pada dokter hewan setempat sesuai dengan kasus yang terjadi di daerah tempat anda tinggal.